23.8.13

Tips Mencuci Batik Mangrove Supaya Tidak Luntur

Semarang - KeMANGI. Memakai baju batik memang mempunyai kebanggaan tersendiri, selain karena kebanggan bangsa, juga karena mempunyai keunikan. Dari mulai keunikan motif, sejarah, atau dari cara pembuatannya. Semua itu menjadikan batik sebagai suatu hal yang sangat istimewa.

Baju batik adalah busana yang dibuat dengan bahan yang mudah luntur setidaknya untuk pertama kali pemakaian. Maka, diperlukan perawatan yang khusus untuk baju batik.
Berikut ini tips mencuci baju batik supaya tidak luntur, yaitu:

1. Jika baju batik tidak terlalu kotor, maka Anda bisa mencucinya hanya dengan direndam menggunakan air hangat. Namun jika baju batik tersebut kotor, misalkan terkena noda makanan atau minyak, maka bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk. Caranya, usapkan sabun mandi atau kulit jeruk pada bagian yang kotor tersebut secara perlahan-lahan hingga hilang. Usahakan hanya membersihkan bagian yang kotor saja. Setelah bersih, rendam baju batik dengan air hangat.

2. Saat mencuci baju batik, sebaiknya tidak menggunakan sabun deterjen, karena sifatnya yang terlalu keras sehingga dapat mengikis warna pada kain batik. Shampo rambut bisa digunakan untuk mencuci baju batik atau gunakan produk khusus yang banyak dijual di toko maupun galleri batik seperti klerak. Selain itu, hindari penggunaan mesin pengering karena kain batik bisa rusak.

3. Jemurlah baju batik di tempat teduh yang berangin-angin. Sebaiknya tidak menjemur baju batik di tempat yang langsung terkena sinar matahari secara langsung, sebab bisa mengakibatkan warna kain cepat memudar.

4. Saat menyetrika, cukup disetrika bagian dalam saja, atau jika bagian luar cukup kusut bisa disetrika dengan sebelumnya dilapisi dengan kain bersih terlebih dahulu. Saat menyetrika hindari penggunaan cairan pengharum karena bisa merusak warna pada corak kain batik tersebut.

5. Simpanlah baju batik di lemari, bisa digantung menggunakan hanger atau hanya dilipat saja. Namun idealnya adalah digantung. Hindari pemakaian kapur barus secara langsung ke baju batik. Solusi agar lemari bebas rayap, bisa menggunakan merica atau lada yang dibungkus tissue dan diletakkan di pojok-pojok lemari.

Demikian tips mencuci baju batik, yang juga bisa diimplementasikan untuk jenis batik mangrove dari @BatikBakau, supaya tidak luntur. (Sumber : Ingat Jalinus).