19.10.13

Tips dan Trik : Video Demo Kuslar Kreatif



Semarang - KeMANGI. Video ini dibuat menggunakan software animasi, yaitu Adobe After Effect dan dikombinasikan dengan menggunakan Mocha Pro yang difungsikan sebagai track motion pada frame-frame dalam video. Penggunakan software tersebut tentunya tidak dilakukan secara bersamaan, melainkan secara bertahap.

Sedangkan Serif Movie X-plus digunakan untuk menggabungkan potongan video berikutnya menjadi satu kesatuan. Pada scene pertama terlihat seorang anak lelaki yang sedang asik bermain hologram yang dapat keluar dari monitor LCD miliknya.

Sebenarnya, pembuatan adegan hologram yang dapat muncul dari monitor tersebut cukup mudah. After effect menjadi pilihan untuk mengolah scene ini. Hologram identik dengan transparan, maka pengaturan opacity atau intensitas gambar dapat diturunkan menjadi 50%.

Untuk gerakan halus yang diciptakan saat hologram tersebut keluar dari layar monitor, sebaiknya digunakan track motion yang sudah ada di menu pilihan After Effect.

Namun perlu diperhatikan, bahwa setiap gerakan yang terjadi harus diamati, dan track harus sesuai dengan gerakan gambar. Dengan demikian, maka hasil gerakan hologram tersebut akan dapat bergerak mulus.

Selanjutnya, untuk menampilkan tulisan atau text yang dapat bergerak ditempat yang kita inginkan seperti di punggung seseorang dalam video dan di atas pegangan jembatan, disarankan menggunakan Mocha Pro agar lebih unggul.

Di sisi lain, software ini dapat menghasilkan track motion. Keunggulan lainnya adalah, mampu menampilkan animasi tiga dimensi yang mampu memberikan gerakan spasial (ruang) dalam video yang akan diolah. Hal ini, dicontohkan pada tulisan atau text yang dapat bergerak sesuai ukuran ketika angel kamera berubah.

Dan contoh lainnya dalah pada scene seorang wanita yang seolah-olah sedang memegang hologram-nya. Dalam video tersebut, ukuran hologram nampak berubah-ubah, seiring dengan gerakan tangan yang diikutinya.

Begitu pula dengan logo "Kuslar Kreatif" yang mampu mempertahankan posisinya ketika angel kamera panning ke atas, tanpa merubah posisi logo.

Itulah keunggulan Mocha Pro di bidang track motion. Cuplikan video yang dijadikan sebagai demo ini adalah video hak cipta Kuslar Kreatif. (@KuslarKreatif).