16.10.13

PPEJ KLH dan KeMANGI Tanam 270.600 Mangrove di Pantura Jawa

Semarang – KeMANGI. Di akhir tahun 2012, akhirnya KeMANGI sukses menyelesaikan proyek Pengadaan Bibit Tanaman untuk Pelaksanaan Rehabilitai Mangrove Taun 2012, hasil kerjasama KeMANGI dengan dengan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa (PPEJ).

Sebanyak 270.600 bibit mangrove berhasil diadakan dan ditanam di sebelas titik di pesisir Pantai Utara Jawa, yaitu Tangerang, Serang, Pandeglang, Bekasi, Brebes, Demak, Jepara, Cilacap, Tuban, Sumenep dan Pamekasan. Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk merehabilitasi kawasan pesisir di Pantura Jawa, dengan penanaman dan pemeliharaan mangrove jenis Rhizophora dan Avicennia.

Ruang lingkup pekerjaan ini, antara lain adalah persiapan lahan, pembuatan dan pemasangan papan nama kegiatan, pengadaan bibit mangrove, pembuatan dan pemasangan ajir, penanaman bibit mangrove, perawatan dan pemeliharaan bibit mangrove yang telah ditanam selama tiga bulan, pengelolaan lingkungan dan pembuatan laporan.

Dalam implementasinya, KeMANGI yang ditunjuk oleh PPEJ KLH sebagai rekanan, mendapatkan banyak dukungan dan bantuan dari KeSEMaT, Yayasan IKAMaT, KeMANGTEER dan kelompok masyarakat di sebelas kabupaten, yang menjadi lokasi pekerjaan.

Keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang memunculkan harapan, semoga di proyek berikutnya, akan mampu menumbuhkembangkan lebih banyak lagi kelompok masyarakat yang peduli mangrove, demi menjaga mangrove di pesisir Indonesia, untuk kesejahteraan umat manusia di masa depan. (@KeSEMaT_Nursery).