20.10.13

Surga Dunia-Tropis Itu, Karimunjawa!

Karimunjawa – KeMANGI. Untuk kesekian kalinya, kami kembali berkunjung ke surga dunia-tropis Karimunjawa. Kali ini, kami menemani teman teman dari Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung dan МГУПБ Russia University ber-backpakeran (BP), ke kepulauan yang menjadi Balai Taman Nasional Laut (BTNL) satu satunya di Jawa Tengah.

Melalui jasa KeSEMaTour, para BP diajak mengunjungi Taman Nasional Hutan Mangrove Karimunjawa. Sebagai informasi, taman nasional ini baru saja diresmikan oleh Bupati Jepara setelah merampungkan Tahap 1 pembuatan mangrove trail sejauh 6oo meter.

Melalui mangrove trail ini, kita dapat berjalan memasuki hutan mangrove dan menikmati puluhan spesies mangrove dan fauna yang ada di dalamnya. Untuk masuk ke taman nasional mangrove ini, kita hanya dikenakan biaya retribusi Rp. 2500, saja.

Letak taman mangrove ini, berada di Pulau Kemojan yang merupakan pulau terbesar di gugusan kepulauan Karimunjawa. Setelah puas berkeliling hutan mangrove, para BP diajak menikmati sunset di Tanjung Gelam. 

Pada hari berikutnya, obyek menarik lain segera dikunjungi, yaitu Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Menjangan Besar. Di kedua pulau tersebut, kita dapat ber-senorkling bersama dan memberi makan ikan karang, juga menguji adrenalin kita untuk berenang bersama puluhan ikan hiu di penangkaran.

Hari terakhir, Pulau Cemara besar dan Pulau Cemara kecil telah menunggu. Di kedua pulau tersebut, terumbu karang dan ribuan ikan karang nan cantik, begitu memanjakan mata.

Santap siang bakar ikan dan kelapa muda di tengah pulau, memberi sensasi tersendiri. Sebelum pulang ke home stay, BP mengunjungi gosong pasir putih dengan air laut yang hangat.

Wisata 4 hari 3 malam terasa tak cukup untuk menikmati indahnya Karimunjawa. Kurang lebih 22 pulau yang bergugus 80 mil sebelah utara Kabupaten Jepara ini, memang benar-benar permata tropis yang harus kita jaga dan rawat bersama.

Ayo ke Karimunjawa. Hubungi KeSEMaTour, sekarang juga! (@KeSEMaTour).