24.11.13

Mas Jamang Pembicara Pelatihan Makanan Mangrove di Batang, Jawa Tengah

Batang - KeMANGI. Pada tanggal 21 November 2013, mulai pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB, Bpk. Kamto Wahyono (Owner Mas Jamang) mempresentasikan cara pengolahan buah mangrove menjadi jajanan mangrove kepada para peserta di Hotel Dewi Ratih dan Cafe Ramozza, Pantai Sigandu, Batang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Pengendali Pemanfaatan Hasil Hutan (BPPHH) Wilayah III, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah ini, dihadiri oleh warga pesisir dan para penggiat mangrove di Batang.

Kegiatan ini, bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan mengenai beragam produk olahan mangrove sehingga diharapkan warga pesisir di Batang bisa memanfaatkannya secara bijak.

Dalam kesempatan ini, selain menjelaskan mengenai cara pengolahan buah mangrove secara detail, Bpk. Kamto Wahyono dan Kelompok Pengolah Buah Mangrove Binaan Mas Jamang mempraktikan langsung cara membuat jajanan mangrove ala Mas Jamang berupa stik mangrove dan kue lumpur mangrove.

Antusias masyarakat dalam pelatihan tersebut sangat besar, mengingat belum adanya masyarakat pesisir Batang yang memanfaatkan buah mangrove untuk dijadikan jajanan mangrove, padahal ketersediaan bahan baku buah mangrove di Batang sangat melimpah.

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, yang ditutup dengan beberapa rekomendasi dan kesimpulan, serta foto bersama. (@MasJamang)