7.11.13

Tips dan Trik Editing Video MANGCIL Produksi KeSEMaT dan PT. Phapros

Semarang - KeMANGI. Pada tanggal 7 November 2013, Kuslar Kreatif telah menyelesaikan penyuntingan gambar dokumentasi kegiatan MANGROVER CILIK (MANGCIL) 2013 yang dipersembahkan oleh PT Phapros Tbk, bekerjasama dengan KeSEMaT.

Video berdurasi 11 menit 24 detik ini berhasil disunting selama 3 hari, semenjak tanggal 5 November 2013. Durasi yang dimiliki video ini berhasil mencetak ukuran file sebesar 397 Mb.

Isi dari video ini adalah kumpulan gambar dan video dokumentasi hasil jepretan panitia penyelenggara acara MANGCIL 2013. Video ini bertujuan untuk dijadikan media dokumentasi yang dapat dinikmati dalam bentuk audio visual. Dan, status video ini adalah menjadi hak milik PT Phapros Tbk dan KeSEMaT.

Desain dan latar musik disesuaikan dengan tema acara MANGCIL. Desain visual, transisi dan jenis font diselaraskan, dengan tujuan agar karakteristik video ini menyerupai video dokumentasi untuk kalangan anak – anak, sedangkan instrumental musik Depapepe (free license), menjadi pilihan latar suara video kali ini.

Sony Vegas Pro 10 adalah editing video software yang digunakan untuk mengolah video MANGCI ini. Penggunaan software ini dinilai lebih efektif dan memiliki kelebihan dari software lain yang sering digunakan oleh Kuslar Kreatif sebelumnya.

Dalam proses kurasi atau penyortiran gambar, Kuslar Kreatif membutuhkan kualitas foto yang memiliki ukuran lebih dari 2000 piksel, karena layar lembar kerja di software tersebut adalah 1280 x 720 pixel.

Dengan demikian, maka dengan ukuran foto yang melebihi ukuran layar lembar kerja, hasil output-nya akan lebih optimal. Peraturan kurasi ini perlu diterapkan pada raw data video. (@KuslarKreatif).