15.12.13

Angkat Potensi Daerah, Batik Bakau Latih Puluhan Ibu-Ibu PKK di Belitung Timur

Belitung Timur - KeMANGI. Pada tanggal 26 November 2013, Batik Bakau bersama ownernya, yaitu Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan diundang secara khusus oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung Timur untuk memberikan pelatihan membatik mangrove kepada masyarakat Belitung Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 26 - 27 November 2013 di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar. Peserta yang hadir dalam pelatihan berjumlah 30 orang yang merupakan ibu-ibu PKK dari desa setempat dan sekitarnya.

Materi pelatihan yang diajarkan oleh Batik Bakau adalah dasar-dasar membatik dan pembuatan pewarna batik alami berbahan dasar propagul mangrove yang telah kering dan membusuk.

Peserta pelatihan sangat antusias, terbukti dalam waktu dua hari, mereka dapat menyelesaikan kain batik hasil karyanya sendiri, walaupun lokasi pelatihan diguyur hujan yang sangat deras.

Senang sekali dan merasa terhormat, karena istri Bupati Belitung Timur serta Kepala Dinas DKP Belitung Timur juga hadir di lokasi pelatihan Batik Bakau, untuk memotivasi para peserta pelatihan batik mangrove.

Harapannya, dengan adanya pelatihan batik mangrove dari Batik Bakau, maka masyarakat Belitung Timur bisa memproduksi batik mangrove khas daerahnya sendiri, sehingga bisa menjadi mata pencaharian alternatif mengingat potensi mangrove di sana cukup besar. (@BatikBakau).