24.1.14

Batik Bakau Latih LSM Lestari Adventure Bontang, Kalimantan Timur

Semarang – KeMANGI. Pada hari Jum’at , 17 Januari 2014, Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan selaku pemilik Batik Bakau bersama dengan warga binaannya, yaitu Kelompok Batik Bakau - Srikandi Pantura, telah memberikan pelatihan dasar dan pengenalan batik pewarna alami mangrove kepada LSM Lestari Adventure Bontang.

Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB bertempat di workshop Batik Bakau Desa Mangunharjo – Semarang.

Agenda pelatihan Batik Bakau yang dilakukan, yaitu pemaparan materi yang diberikan langsung oleh pembicara Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan, yang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan praktek pembuatan batik mangrove.

Sesi tanya jawab berlangsung sangat menarik, banyak pertanyaan yang terlontar dari para peserta pelatihan, baik yang sifatnya teknis ataupun teori. Selain itu, mereka juga senang, saat diajak berkeliling workshop, sembari dijelaskan mengenai proses pembuatan Batik Bakau itu sendiri.

Menurut mereka, kerajinan batik mangrove di Kalimantan masih sangat jarang dan Batik Bakau sangat potensial untuk dikembangkan di sana, mengingat potensi mangrovenya yang cukup besar.

Harapannya, dengan adanya pelatihan Batik Bakau ini, maka bisa menjadi bekal ilmu pengetahuan yang bisa disebarluaskan ke seluruh wilayah Bontang khususnya, dan Kalimantan umumnya. Amin. (@BatikBakau).