27.1.14

Kuslar Kreatif Garap Video Collaborative Rajungan Fishery Management

Semarang – KeMANGI. Pada tanggal 12 Januari 2014, Kuslar Kreatif bekerjasama dengan S@Production menggarap sebuah video dokumentasi mengenai pengelolaan rajungan di Desa Betahwalang Kabupaten Demak, Jateng.

Kegiatan ini bertemakan “Collaborative Rajungan Fishery Management” yang dipersembahkan oleh Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Asosiasi Pengelolaan Rajungan Indonesia (APRI).

Dalam penggarapan video yang berdurasi 7 menit 45 detik ini, Kuslar Kreatif ikut andil dalam tahap editing gambar dan desain cover DVD-nya.

Video ini bercerita mengenai kondisi masyarakat pesisir yang terkesan kumuh, namun dibalik itu semua kearifan lokal, budaya, dan adat istiadat masyarakat Betahwalang tersorot dalam video ini.

Sesuai dengan tema yang diusung, inti dari cerita video ini adalah pemasangan bendera di kawasan perairan yang bertujuan untuk memberi tanda bahwa di kawasan tersebut merupakan kawasan perlindungan rajungan.

Video ini merupakan video bagian pertama (Part 1) dengan judul “Rajungan Closed and Protected Area” dan proyek ini masih berlanjut untuk bagian selanjutnya. (@KuslarKreatif).