19.1.14

Mangrove Map Berikan Pelatihan Pemetaan Mangrove Kepada LSM Lestari Adventure, Bontang

Semarang – KeMANGI. Pada tanggal 16 Januari 2014, di Kantor KeSEMaT, Mangrove Map yang diwakili oleh Bpk. Bagus Rahmattullah Dwi Angga (Konsultan) telah memberikan pelatihan dasar mengenai pemetaan mangrove dengan pengolahan data citra resolusi tinggi dan menengah, di daerah Jepara dan Demak. Peserta pelatihan Mangrove Map kali ini, adalah tiga orang pengurus LSM Lestari Adventure, dari Bontang, Kalimantan Timur.

Pelatihan yang diinisiasi oleh divisi Mangrove Training CV. KeMANGI ini, dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB, yang membahas mengenai teori dasar penginderaan jauh dan pemetaan mangrove, dilanjutkan dengan pelatihan dasar kompilasi saluran dan penajaman untuk melihat mangrove dengan metode penginderaan jauh menggunakan software ER Mapper 7.0 dan ArcGIS 10.0.

Banyak sekali pertanyaan yang ditanyakan peserta pelatihan mengenai pemetaan mangrove, satu diantaranya adalah teknik monitoring penanaman mengrove menggunakan metode penginderaan jauh.

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, yang ditutup dengan beberapa kesimpulan dan foto bersama. Semoga saja, hasil dari pelatihan ini, bisa diaplikasikan di Bontang, untuk membantu menyelamatkan ekosistem mangrove dan warga pesisir di pesisir Kalimantan Timur. Amin. (@MangroveMap).