29.1.14

Ramainya Pelatihan Mangrove di Sentra Mas Jamang dan Workshop Batik Bakau, Semarang

Semarang - KeMANGI. Bulan ini, pelatihan mangrove yang diadakan di Sentra Mas Jamang dan Workshop Batik Bakau semakin hari semakin ramai saja. Setelah dikunjungi oleh Rekan-rekan LSM dari Kalimantan Timur, untuk mengikuti Pelatihan Mangrove bersama Mangrove Training, saat ini, LSM dari Yogyakarta, juga mengadakan pelatihan mangrove di tempat yang sama.

Manajer Batik Bakau, yaitu Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan menjelaskan bahwa tingginya minat masyarakat Indonesia, untuk mengetahui proses pembuatan batik mangrove, menunjukkan bahwa saat ini, Indonesia sudah mulai melek mangrove, dimana sebagian masyarakatnya sudah mulai mengetahui dan mengerti akan fungsi dan manfaat mangrove yang begitu besar.

Sementara itu, Sdr. Kamto Wahyono selaku Manajer Mas Jamang, yang ditemui di Kantor KeSEMaT, menjelaskan bahwa semakin tingginya minat warga pesisir akan pengolahan buah mangrove, merupakan manifestasi dari konsep budidaya mangrove, yang sekarang ini sudah mulai dipahami dengan baik, oleh sebagian masyarakat di Indonesia.

Selain sentra dan workshopnya dikunjungi oleh banyak dinas, LSM, juga beberapa komunitas yang tertarik mendalami, mangrove, undangan menjadi pembicara yang ditujukan kepada Sdr. Kamto dan Sdr. Cahyadi, otomatis juga semakin banyak, dimana mereka aktif berkunjung ke beberapa daerah pesisir di Indonesia, untuk memberikan pelatihan Batik Bakau dan Mas Jamang, membantu meningkatkan perekonomian warganya, dengan cara memanfaatkan mangrove secara lestari, bukan dengan menebangnya.

Bagi yang penasaran dengan teknik pengolahan batik mangrove - Batik Bakau dan jajanan mangrove - Mas Jamang, mari berkunjung ke workshop dan sentranya di daerah Mangunharjo, Semarang, Jawa Tengah. @CV_KeMANGI).