28.3.14

Dinas Kehutanan Sulawesi Tenggara Studi Banding ke Sentra Mas Jamang

Semarang – KeMANGI. Pada hari Rabu, 26 Maret 2014, Sdr. Ganis Riyan Efendi selaku pemilik Mangrove Map dan Sdr. Kamto Wahyono selaku Manajer Mas Jamang bersama dengan warga binaannya, yaitu Kelompok Bina Citra Karya Wanita, telah memberikan pengenalan dan pelatihan dasar mengenai pengolahan buah mangrove menjadi penganan kepada rombongan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Acara ini dimulai pada pukul 10.30 WIB sampai dengan 11.30 WIB bertempat di Kantor KeSEMaT dan dilanjutkan sampai dengan pukul 17.00 WIB bertempat di Sentra Jajanan Mangrove di Kelurahan Mangunharjo, Semarang.

Agenda pelatihan Mas Jamang yang dilakukan, yaitu pemaparan materi yang diberikan langsung oleh Sdr. Kamto Wahyono, yang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan praktek pembuatan jajanan mangrove Mas Jamang.

Sesi tanya jawab berlangsung sangat kondusif, banyak pertanyaan yang terlontar dari para peserta pelatihan yang berlatar belakang dinas, akademisi dan kelompok tani. Selain itu, mereka terlihat sangat antusias dan percaya diri bahwasanya ilmu yang mereka dapatkan dapat diterapkan di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Menurut mereka, pemanfaatan buah mangrove di Sulawesi Tenggara masih sangat jarang bahkan belum ada, karena masyarakat belum mengetahui manfaat dari buah mangrove itu sendiri dan Mas Jamang dinilai sangat potensial untuk dikembangkan di sana, mengingat potensi mangrovenya yang cukup besar.

Kedepan, pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akan berusaha mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat dan segera membina masyarakat di Kabupaten Muna, dengan harapan masyarakat di sana dapat mencintai dan menjaga mangrove lebih baik lagi. Salam MANGROVER! (@MasJamang).