7.3.14

Hasil Monitoring dan Evaluasi Mangrove KeMANGI di PT. Indonesia Power UBP Semarang

Semarang - KeMANGI. Pada tanggal 7 Maret 2014, KeMANGI telah melakukan monitoring dan Evaluasi mangrove di wilayah kerja PT. Indonesia Power UBP Semarang.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan penanaman bibit mangrove (Cemara Laut dan Api-api) yang bertajuk “Penghijauan Wilayah Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Semarang “Hijau Asri Indah” yang telah dilakukan oleh Indonesia Power, pada bulan Desember 2012.

Program ini adalah hasil kerjasama PT. Indonesia Power dan KeMANGI selaku tenaga konsultan dan pelaksana pekerjaan lapangan.

Pada program ini, telah ditanam 1500 bibit mangrove jenis Cemara Laut (Casuarina sp) dan 2000 bibit mangrove jenis Api-api (Avicennia sp) dengan tingkat kelulushidupan mencapai 90%.

Namun demikian, untuk meningkatkan kelulushidupan bibit mangrove yang telah ada, maka masih diperlukan upaya keberlanjutan program dengan cara koordinasi seluruh manajemen PT. Indonesia Power dan memberdayakan warga sekitar agar lebih optimal lagi dalam pemeliharaan mangrovenya.

Untuk itu, dalam tahun ini, direncanakan akan diupayakan keberlanjutan program ini untuk meningkatkan keanekaragaman hayati di lingkungan kerja PT. Indonesia Power, dengan pendampingan lagi dari KeMANGI agar tujuan yang tersebut di atas bisa terlaksana.

Program monitoring ini dilakukan mulai pukul 09.00 WIB – 11.00 WIB dengan memeriksa seluruh tanaman hasil penghijauan di PT. Indonesia Power.