11.6.14

Latih Kelompok Batik Rembang, Batik Bakau Bangkitkan Batik Pewarna Alam di Rembang

Rembang - KeMANGI. Pada tanggal 16 - 17 April 2014, Batik Bakau bersama kelompok masyarakat binaannya, dipercaya oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah untuk melatih membuat batik pewarna dari limbah serasah mangrove kepada kelompok batik di Rembang.

Kegiatan ini diadakan untuk mendukung kelompok batik di Rembang berinovasi menggunakan limbah mangrove sebagai bahan dasar pewarna batik alami, terlebih Kabupaten Rembang memiliki kawasan mangrove yang cukup luas, sehingga bahan bakunya cukup melimpah.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, bertempat di Hotel Pantura Rembang. Peserta yang diundang sebanyak 30 orang yang berasal dari pengrajin batik dan petani mangrove.

Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Rembang, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mangrove oleh praktisi mangrove dari Dinas Kehutanan.

Materi kedua langsung disampaikan oleh owner Batik Bakau, yaitu Bapak Cahyadi Adhe Kurniawan, yang membawakan materi tentang praktik membatik dan membuat pewarna batik alami berbahan dasar mangrove.

Kegiatan ini diakhiri pada pukul 16.00 WIB setiap harinya. Peserta diajak bersama-sama merasakan bagaimana membuat pewarna batik alami berbahan dasar mangrove tersebut, agar ke depannya mereka dapat membuat sendiri dan bisa melakukan inovasi yang lain.

Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, kelompok batik di Rembang bisa membangkitkan batik pewarna alami di Rembang dan bisa turut melestarikan ekosistem mangrove di sana. Amin. Salam Batik Bakau! (@BatikBakau).