17.6.14

Mahasiswa BMC Universitas Riau Studi Banding ke Sentra Mas Jamang dan Batik Bakau

Semarang - KeMANGI. Pada tanggal 9 Juni 2014, Ibu-ibu warga binaan KeSEMaT yang mengelola Sentra Jajanan Mangrove (Jamang) Mas Jamang dan Batik Bakau di Mangkang Wetan, Semarang menerima kunjungan dari mahasiswa Belukap Mangrove Club (BMC), Universitas Riau (UNRI), Riau.

Kunjungan ini dalam rangka studi banding mengenai pengolahan mangrove yang ada di Semarang, terutama di Mangkang Wetan.

BMC sendiri merupakan sebuah kelompok studi mengenai mangrove yang berada di bawah naungan Jurusan Ilmu Kelautan UNRI, yang peduli terhadap kelestarian ekosistem mangrove dan terus berupaya untuk melestarikannya.

Dalam kesempatan ini, BMC diantar langsung oleh Sdr. Dinuarca Endra W. (Presiden KeSEMaT) dan Anggota KeSEMaT lainnya, menuju ke sentra.

BMC ingin melihat proses pembuatan jajanan mangrove dan pembuatan batik bakau. Mereka tertarik akan olahan dari mangrove ini, dan berencana untuk mempraktikkannya di Riau karena di sana terdapat banyak mangrove, namun tidak ada pengolahan secara khusus untuk dijadikan jajanan dan batik.

Sebelum pulang, BMC memborong jamang sebagai oleh-oleh ke Riau. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, yang diakhiri dengan foto bersama. (@MasJamang).