30.11.14

Batik Bakau dan Mas Jamang Pameran di Mangrovestasi Kompas Muda

Semarang - KeMANGI. Pada tanggal 26 - 27 November 2014, dua sektor riil CV. KeMANGI, yaitu Mas Jamang dan Batik Bakau, berkesempatan memamerkan produknya kepada warga Mangkang Wetan Semarang, tempat dilaksanakannya program Mangrovestasi.

Mangrovestasi adalah sebuah gerakan tanam mangrove untuk investasi masa depan, yang diselenggarakan oleh Kompas Muda dan Bank BRI, bekerjasama dengan Yayasan IKAMaT, KeSEMaT dan Kompas Muda Semarang, sebagai penyelenggaranya.

Dalam kesempatan ini, Mas Jamang bersama warga binaannya, yaitu kelompok Bina Citra Karya Wanita dan Bina Karya Sejahtera, memasarkan produk barunya, yaitu nastar, dodol dan dawet mangrove yang langsung diserbu pengunjung.

"Dawetnya enak, rasanya beda dengan dawet biasa. Lebih gurih dan manis," kata Sinta, salah satu pengunjung setelah menikmati dawet Mas Jamang.

Selain Mas Jamang, Batik Bakau dengan warga binaannya, yaitu kelompok Srikandi Pantura, juga tak mau kalah. Mereka memamerkan produk batik mangrove terbarunya, yang juga berhasil menarik minat para pengunjung.

"Baru tahu, kalau batik bisa juga dibuat dari limbah buah mangrove. Layak dikoleksi," kata salah satu pengunjung.

Pameran mangrove yang berlangsung selama satu hari ini, dirangkai dengan banyak acara, seperti pengobatan gratis, bazar murah, jalan sehat, dan berbagai lomba yang bernuansa pelestarian mangrove dengan tujuan untuk mengkampanyekan mangrove kepada masyarakat luas, khususnya di Semarang.

Keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar, yang dilanjutkan dengan keesokan harinya dengan penyuluhan pentingnya mangrove di salah satu Madrasah di Semarang, yang salah satu pembicaranya adalah Sdr. Kamto Wahyono, selaku owner Mas Jamang.