23.11.14

Kuslar Kreatif Garap Dokumentasi Kegiatan CSR PT Pertamina Trans Kontinental di Batam

Batam – KeMANGI. Pada tanggal 25 – 29 Oktober 2014, Kuslar Kreatif mengikuti program CSR PT Pertamina Trans Kontinental yang bekerjasama dengan Kementerian Kelautan Perikanan serta Dinas KP2K Kota Batam dalam tema “Pemberdayaan Nelayan dan Penanaman Mangrove” yang diadakan di Pulau Ngenang, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam acara ini, Kuslar Kreatif berpartisipasi mendokumentasikan kegiatan dari awal hingga puncak acara, yaitu seremonial penanaman dan pemberian bantuan secara simbolis yang dihadiri langsung oleh Dirut Pertamina Trans Kontinental beserta tamu undangan lainnya.

Kamerawan dan editor kami, yaitu Rohmat Kuslarsono mengikuti segala rangkaian acara, dimana salah satunya adalah pelatihan pembibitan mangrove yang disampaikan oleh narasumber Yayasan IKAMaT (Inspirasi Keluarga Alumni KeSEMaT) dari Semarang.

Kegiatan selama lima hari tersebut berhasil dikemas dalam video berdurasi 12 menit 58 detik. Program ini telah diadakan yang kedua kalinya di Pulau Ngenang, sehingga diharapkan masyarakat Pulau Ngenang mampu bergerak mandiri dan mulai berdikari atas penyuluhan mengenai program pengelolaan ekosistem mangrove, yaitu sosialisasi pembibitan mangrove yang telah diberikan.

Harapan kedepannya, semoga kelompok-kelompok yang sudah terbentuk di Pulau Ngenang dapat membagikan ilmunya kepada masyarakat di Pulau-pulau lainnya, untuk ikut serta dalam upaya pengelolaan ekosistem mangrove di Provinsi Kepulauan Riau, khususnya Kota Batam.