18.1.15

Kuslar Kreatif Garap Video Rehabilitasi Mangrove Pertamina Jateng dan DIY

Semarang - KeMANGI. Di akhir tahun 2014 yang lalu, tepatnya pada bulan Desember, Kuslar Kreatif telah selesai menggarap video dokumentasi kegiatan penanaman 40.000 pohon mangrove di Pesisir Pantai Utara Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program CSR PT. Pertamina (Persero) Fuel Retail Region IV Jateng dan DIY yang berkantor di jalan Pemuda Kota Semarang.

Desa Timbulsloko, Kab. Demak dan Desa Wonorejo, Kab. Kendal merupakan dua desa yang diangkat dalam film dokumentasi kali ini.

Film garapan sutradara Sdr. Rohmat Kuslarsono berhasil mengangkat latar belakang dua desa pesisir yang terletak di Pantura Jawa, yang kemudian digabungkan dengan upaya konservasi dan rehabilitasi ekosistem mangrove yang telah dan sedang berlangsung hingga kini.

CSR PT. Pertamina masuk kedalam bagian perusahaan yang ikut membantu kedua desa tersebut untuk merehabilitasi kondisi lingkungan Pantura, khususnya pada ekosistem mangrovenya.

Dua kisah ini telah masuk kedalam dapur editing, dan dirangkai menjadi sebuah cerita dengan durasi video 9 menit 17 detik. Durasi yang didapatkan, cukup untuk menggambarkan wajah dari kedua desa tersebut. Dalam proses editing di film ini, Kuslar Kreatif menggunakan software Sony Vegas Pro versi 11.