26.4.15

Kuslar Kreatif Garap Atribut Bimtek KKP Jakarta

Jepara - KeMANGI. Pada tanggal 2 - 6 Maret 2015, Tim Kuslar Kreatif melakukan dokumentasi kegiatan yang bertema “Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur dalam Pengolahan Data Spasial WP-3-K” yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan bekerja sama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro, Semarang.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Teluk Awur, Kab, Jepara dengan rangkaian acara 3 hari di lapangan dan 2 hari di dalam ruangan.

Untuk mengatasi kondisi kegiatan di luar maupun di dalam runagan, Tim Kuslar Kreatif mempersiapkan berbagai trik pencahayaan untuk mendapat hasil gambar yang baik.

Flash external dimanfaatkan untuk menyetabilkan cahaya pada permukaan obyek. Situasi paling menantang ketika pemotretan peserta di depan wall of fame berwarna biru tua. Warna ini sengaja dibuat untuk meminimalisir pantulan cahaya dari flash camera ke lensa.

Kuslar Kreatif bertugas dalam mendesain atribut yang berhubungan dengan kegiatan ini sekaligus mendokumentasikan melalui foto dan video yang kemudian dikemas dalam bentuk cerita bernarasi.

Hasil editing video berhasil diselesaikan dalam durasi 19 menit 28 detik. Seni animasi yang digunakan jauh lebih berbeda dari sebelumnya. Kuslar Kreatif melakukan eksplorasi animasi dengan istilah smooth slide dan fast slide. Durasi video yang dibuat sudah mewakili aktivitas keseluruhan kegiatan dalam acara ini.