18.11.15

Press Release Gerakan Pantai Bersih dan Laut Lestari

Semarang – KeMANGI. Dengan ini, diberitahukan kepada masyarakat, bahwa CV. KeMANGI bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (RI), akan menyelenggarakan program “Gerakan Pantai Bersih dan Laut Lestari (GPB2L)” di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pastikan Anda dan organisasi Anda terdaftar pada program ini. Seratus persen, GRATIS! Informasi selengkapnya, dipersilahkan mencermati keterangan di bawah ini:

I. JUDUL KEGIATAN
Gerakan Pantai Bersih dan Laut Lestari (GPB2L).

II. PELAKSANA KEGIATAN
CV. KeSEMaT MANGROVE INDONESIA (KeMANGI)
Kantor CV. KeMANGI: Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50263
Jawa Tengah - INDONESIA
P. 08562822420 E. info@kemangi.com W. www.kemangi.co.id

III. DURASI KEGIATAN
Satu (1) hari.

IV. MITRA KEGIATAN
Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

V. LATAR BELAKANG 
Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki 17.508 pulau dengan garis pantai sepanjang 81.000 km. Kawasan pesisir di Indonesia dikenal sebagai ekosistem perairan yang memiliki sumberdaya alam dan potensi yang sangat besar. Wilayah tersebut telah banyak dimanfaatkan dan memberikan sumbangan yang berarti bagi peningkatan taraf hidup masyarakat maupun sebagai penghasil devisa negara.

Aktifitas perekonomian yang dilakukan di kawasan pesisir, diantaranya adalah kegiatan perikanan (tangkap dan budidaya), industri dan pariwisata. Selain dimanfaatkan untuk kegiatan perekonomian, wilayah pesisir juga digunakan sebagai tempat membuang limbah dari berbagai aktifitas manusia, baik dari darat maupun di kawasan pesisir itu. Kegiatan ini memberikan dampak yang tidak diharapkan dari kondisi biofisik pesisir yang dikenal sangat rentan terhadap perubahan lingkungan. Indonesia merupakan negara kedua yang paling banyak membuang sampah ke laut. Kondisi ini sebagian besar diakibatkan oleh pembuangannya ke laut secara bebas.

Pada umumnya, mereka lebih mementingkan kemudahan pembuangan sampah tanpa memikirkan kelangsungan kelestarian alam secara berkelanjutan. Laut merupakan kumpulan dari berbagai ekosistem yang didalamnya hidup beraneka ragam biota. Sampah yang terbanyak dibuang ke laut adalah sampah plastik. Kuantitas sampah plastik yang ditemukan di laut sama dengan sekitar lima kantong belanja berisi plastik untuk setiap meter garis pantai di seluruh dunia.

Rendahnya kesadaran masyarakat yang tinggal dan melakukan aktifitas di lingkungan pesisir, menimbulkan anggapan bahwa wilayah pantai adalah tempat pembuangan sampah yang gratis, mudah atau praktis. Akibat dari pembuangan sampah sembarangan telah mengurai nilai keindahan dan kenyamanan lingkungan pantai. Pengolahan sampah merupakan proses yang diperlukan dengan tujuan untuk mengubah sampah material yang memiliki nilai ekonomis sehingga mempunyai nilai faedah yang lebih tinggi agar menjadi material yang tidak berbahaya bagi lingkungan hidup. Salah satu sampah yang dapat diolah adalah sampah plastik.

Atas dasar pemikiran tersebut, maka, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bekerjasama dengan CV. KeMANGI mengadakan suatu kegiatan dinamakan dengan GPB2L yang bertujuan untuk memberikan pengertian, penjelasan, pengetahuan dan informasi mengenai pengolahan sampah plastik melalui pelatihan oleh pengelola Bank Sampah Resik Becik kepada masyarakat pesisir Mangkang Kulon dan Mangunharjo, Semarang. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih, indah dan sehat melalui penanaman mangrove jenis cemara laut dan bersih pantai yang akan diikuti oleh komunitas/organisasi, masyarakat pesisir, pelajar tingkat pertama dan atas dan peserta umum serta dinas terkait di pesisir Mangkang Kulon dan Mangunharjo, Semarang.

VI. TUJUAN UMUM
Sarana untuk menumbuhkembangkan semangat cinta lingkungan hidup yang bersih, indah dan sehat terhadap ekosistem pesisir dan laut, umumnya di kalangan masyarakat pesisir, pelajar, komunitas/organisasi serta dinas terkait di sekitar Semarang, Jawa Tengah.

VII. TUJUAN KHUSUS
1. Memberikan pelatihan pengolahan sampah plastik kepada masyarakat pesisir Mangkang Kulon dan Mangunharjo, Semarang.
2. Menghijaukan dan menambah estetika keindahan pantai dengan penanaman 1000 mangrove jenis cemara laut di pantai Mangkang Kulon, Semarang.
3. Meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya kebersihan pantai dan menciptakan lingkungan hidup yang bersih, indah dan sehat dari pembuangan sampah secara sembarangan melalui bersih pantai di pantai Mangkang Kulon dan Mangunharjo, Semarang.

VIII. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Penanaman Cemara Laut dan Bersih Pantai:
Hari/Tanggal : Sabtu, 5 Desember 2015
Waktu : 06.00 WIB – selesai
Tempat : Mangkang Kulon, Semarang

IX. DESKRIPSI KEGIATAN 
9.1 Pendaftaran Peserta
Pada tahap ini, CV. KeMANGI melakukan rekrutmen dan pendaftaran yang dimulai pada tanggal 22 November – 2 Desember 2015. Pendaftaran dilakukan baik secara online maupun offline. Pendaftaran online dilakukan terpusat di website CV. KeMANGI http://www.kemangi.co.id dan pendaftaran offline, dilakukan di Kantor CV. KeMANGI, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang. Adapun sasaran utamanya adalah para mahasiswa dari organisasi mahasiswa dan masyarakat umum.

9.2. Technical Meeting (TM)
TM akan dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2015 untuk memberikan informasi kepada para peserta mengenai teknis kegiatan dan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh peserta GPB2L. TM akan dilaksanakan di Ruang Studio Mini Gedung Pusat Informasi Publik Balaikota Semarang, mulai pukul 14.00 - 16.00 WIB.

9.3 Penanaman Mangrove Asosiasi 
Penanaman mangrove dengan jenis cemara laut bertujuan untuk menghijaukan dan menambah estetika keindahan pantai. Jumlah pohon yang akan ditanam adalah 1000 bibit cemara laut. Diawali dengan simbolisasi penyerahan bibit, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju lokasi penanaman. Selanjutnya, seluruh peserta bergerak untuk menanam Cemara Laut yang bibitnya telah disediakan sejumlah 1000 bibit. Penanaman mangrove asosiasi ini dimulai pada pukul 08.45 – 09.15 WIB.

9.4 Bersih Pantai (Coastal Clean Up)
Bersih pantai dilakukan dengan mengambil sampah yang dibagi dalam beberapa kategori,yaitu sampah plastik, logam, kain, kaca dan kayu. Tujuan dari bersih pantai untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih, indah dan sehat dari pembuangan sampah ke laut yang tertumpuk pada pantai.

X. SYARAT DAN KUOTA PESERTA 
Peserta untuk umum, atas nama pribadi atau organisasi. Kami membatasi kuota peserta hanya untuk 100 orang, saja. Setelah kuota terpenuhi, maka pendaftaran akan ditutup. Nama-nama peserta akan diumumkan hanya melalui website CV. KeMANGI http://www.kemangi.co.id (maksimal pada tanggal 2 Desember 2015). Hasil pengumuman ini tidak akan diumumkan melalui SMS.

XI. PERSYARATAN DAN TEKNIS PENDAFTARAN 
1. Semua kegiatan GBP2L ini adalah gratis, peserta tidak akan dipungut biaya apapun.
2. Mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Kesanggupan.
3. Semua peserta wajib melampirkan fotocopy identitas diri (KTP/SIM/KTM).
4. Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Kesanggupan dapat didapatkan secara online di website CV. KeMANGI dan offline di Kantor CV. KeMANGI. Untuk Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Kesanggupan online, UNDUH DI SINI.
5. Setelah diisi secara lengkap, Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Kesanggupan via online, dikirimkan kembali ke email CV. KeMANGI: daftarGPB2L@kemangi.co.id dengan subjek: Daftar GPB2L, yang disertai dengan scan identitas diri (maksmimal ukuran scan 500 KB) dan jangan lupa untuk di cc ke cvkemangi@gmail.com.
6. Setelah diisi secara lengkap, Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan Kesanggupan via offline, diberikan kepada panitia yang disertai dengan foto copy identitas diri.
7. TM akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2015, mulai pukul 14.00 WIB - 16.00 WIB di Ruang Studio Mini Gedung Pusat Informasi Publik Balaikota Semarang. Peserta diharapkan untuk datang tepat waktu.
8. Pada acara TM ini diharapkan peserta bisa hadir karena akan menerima fasilitas berupa kaos dan topi yang nantinya akan dipakai pada saat acara tanggal 5 Desember 2015.

XII. TATA TERTIB PESERTA
a. Peserta diwajibkan mengikuti seluruh kegiatan yang telah ditentukan oleh panitia.
b. Peserta diharapkan mengikuti kegiatan sesuai jadwal yang telah ditentukan.
c. Peserta dilarang meninggalkan acara atau lokasi kegiatan tanpa seijin panitia.
d. Peserta melakukan MCK di tempat yang telah disediakan oleh panitia.
e. Peserta dilarang membuat keributan yang akan mengganggu peserta lain dan warga sekitar.
f. Peserta dilarang membawa dan atau memakai narkoba atau minum minuman keras.
g. Peserta diwajibkan menjaga kebersihan lingkungan.
h. Peraturan ini ditetapkan untuk ditaati bersama demi kelancaran acara ini. Apabila peserta melakukan pelanggaran akan dikenai sanksi yang tegas.
i. Apabila ada peraturan baru akan diberitahukan lebih lanjut oleh panitia.

XIII. PERLENGKAPAN YANG HARUS DIBAWA
Baju ganti berupa pakaian lengan panjang, peralatan MCK, sepatu lapangan, dan obat pribadi.

XIV. FASILITAS 
Kaos, topi, transportasi (PP), konsumsi, dan perlengkapan penanaman.

XV. KONTAK 
Segala korespondensi berkenaan dengan GPB2L bisa ditujukan kepada:
Sdr. Ganis Riyan Efendi
Koordinator Publikasi CP. +6281226466319
E. daftarGPB2L@kemangi.com W. www.kemangi.co.id

CV. KeMANGI merupakan perusahaan jasa dan produk mangrove yang didirikan oleh KeSEMaT. CV. KeMANGI memfokuskan diri pada pengembangan industri kreatif mangrove dan pengerjaan program dan proyek rehabilitasi mangrove dan pesisir di wilayah pesisir Indonesia.

XVI. PENUTUP
Demikian press release ini kami susun, sebagai bahan acuan demi suksesnya acara GPB2L. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai. Atas perhatian dan kerjasama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.