13.3.16

KeMANGI Kirim Pesanan Bibit Mangrove Avicennia ke Jepara

Jepara - KeMANGI. Pada tanggal 12 Maret 2016, Komunitas Mahasiswa Pecinta Alam, yaitu Mitra Gahana dari UKSW, Salatiga mengadakan acara penanaman mangrove di Pulau Panjang, Kabupaten Jepara. Dalam rangkaian acara tersebut, rombongan dari Salatiga menghijaukan kawasan pantai Pulau Panjang menggunakan bibit mangrove jenis Avicennia sp yang dipesan dari CV. KeMANGI. Bibit mangrove tersebut didatangkan dari Semarang.

CV. KeMANGI melakukan pengiriman H-1 sebelum dilakukan kegiatan penanaman. Avicennia diletakkan di sekitar Pantai Bandengan, sebelum kemudian diangkut ke Pulau Panjang menggunakan perahu.

Pada saat di Bandengan, bibit mangrove dikondisikan sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kondisi di alamnya, yaitu cukup air dan dijaga agar tidak mengalami kekeringan.

Setelah diangkut ke Pulau Panjang, bibit mangrove diletakkan di sekitar lokasi penanaman dan siap ditanam.

"Kami memesan bibit mangrove jenis Avicennia, karena akan ditanam di Pulau Panjang, Jepara yang memiliki substrat pasir berlumpur," jelas salah satu panitia.

Seperti diketahui, bahwa CV. KeMANGI melayani pesanan propagul dan bibit berbagai jenis mangrove yang siap tanam di kawasan pesisir Jawa.

CV. KeMANGI bekerjasama dengan para petani mangrove di kawasan pesisir Jawa, yaitu di Pantura (Pantai Utara) Jawa dan Pansela (Pantai Selatan) Jawa, dimana kebun pembibitan mangrove ini dikelola oleh mitra kerja CV. KeMANGI, yaitu para kelompok masyarakat peduli mangrove.