13.6.16

Road Show Pelatihan Batik Bakau dan Mas Jamang ke Pantura Jawa

Semarang - KeMANGI. Selama Mei - Juni 2016, Batik Bakau dan Mas Jamang bekerjasama dengan KeSEMaT, Yayasan IKAMaT, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia dan Dinas Kehutanan (Dinhut) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), mengadakan kegiatan road show pelatihan pengolahan batik mangrove dan jajanan mangrove ke kota-kota pesisir di Pantura, Jawa, diantaranya Rembang, Jepara, Semarang, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang dan Kebumen.

Ditemui di kantornya, Dirut CV. KeMANGI, Bpk. Rohmat Kuslarsono menjelaskan bahwa pihaknya memang sedang menjalin kerjasama dengan beberapa instansi untuk memberikan pelatihan Mas Jamang dan Batik Bakau kepada warga pesisir di kawasan pesisir Pantura, Jawa.

"KKP dan Dinhut Jateng meminta kami untuk memberikan pelatihan mangrove, terutama Mas Jamang dan Batik Bakau kepada warga pesisir dfi Pantura, Jawa. Selain itu, mereka juga meminta kami untuk menjelaskan mengenai ekosistem mangrove, berikut fungsi dan manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Dalam road show ini, CV. KeMANGI menggandeng KeSEMaT dan Yayasan IKAMaT sebagai trainer-nya.

"KeSEMaT difokuskan pada materi batik mangrove dan jajanan mangrove serta pemberdayaan masyarakat lokal, mengingat mereka berhasil membentuk warga binaan di Mangunharjo, Semarang. Sementara itu, untuk Yayasan IKAMaT, kami meminta kerjasama mereka untuk memberikan pelatihan mengenai teknik silvikultur, lengkap mulai pembibitan, penanaman hingga pemeliharaan mangrovenya," jelas Bpk. Rohmat lebih lanjut.

"Pelatihan ini melibatkan ratuan peserta di beberapa kota, yang terdiri dari Bapak-bapak dan Ibu-ibu warga pesisir dengan berbagai latar belakang pekerjaan. Semoga saja, dengan ini, mereka akan dapat lebih memahami mangrove dan mendapatkan penghasilan-lebih dari memeanfaatkan hutan mangrove secara bijaksana," pungkasnya. (GRE).